Rabu, 08 Juni 2011

Makalah Tenis Lapangan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Olahraga adalah salah satu dari bentuk peningkatan kualitas manusia Indonesia yang diarahkan pada pembentukan watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi, serta peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebangsaan nasional. Dalam kehidupan modern ini manusia tidak dapat dipisahkan dengan olahraga. Baik untuk arena adu prestasi ataupun sebagai kebutuhan untuk menjaga hidup tetap sehat.
Olahraga tenis di Indonesia sekarang juga mulai di gemari oleh para masyarakat khususnya orang – orang yang umurnya memasuki 30 tahunan ke atas.Alasan mereka memilih olahraga tenis ini karena olahraga ini termasuk olahraga yang mewah di karenakan peralatannya yang harganya mahal.Namun bagi para remaja olahraga ini masih kurang di minati di karenakan peralatanya yang harganya mahal dan olahraga tenis ini masih belum memasyarakat, serta kurangnya lapangan tenis membuat remaja menjadi tidak tertarik dan lebih memilih olahraga lainnya.
Namun di kota- kota besar olahraga tenis sudah menjamur dan mampu menarik minat masyarakat sehingga olahraga ini di jadikan sebagai olahraga pilihan baik untuk olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi.
Pada umumnya, untuk berlatih olahraga tenis memerlukan keterampilan yang tinggi sehingga memburtuhkan tahap – tahap tertentu untuk mampu menguasai semua teknik dassar dalam olahraga tenis lapangan ini.
Dan dalam makalah ini,kelompok kami akan mencoba memberi tips –tips bagaiman berlatih olahraga tenis yang mudah.
B.     Rumusan Masalah
Dari uraian di atas maka, dapat dirumuskan beberapa masalah.
 Bagaimana tahap – tahap dalam berlath pukulan forehand dalam olahraga Tenis Lapangan?
C.    Tujuan
Pembaca mmengerti dan dapat  melakukan pukulan forehand dengan tepat dan benar.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian
Tenis Lapangan merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan oleh seorang atau sepasang pemain yang berhadapan dengan dibatasi oleh jaring. Untuk memainkannya diperlukan raket dan bola yang terbuat dari karet yang berisi angin dan terbungkus dari bulu kempa. Selain membutuhkan kekuatan memukul bola, juga keterampilan menempatkan bola pada sisi yang kosong, agar pihak lawan sulit mengembalikan.
Tujuan orang bemain tenis antara lain adalah untuk mendapatkan kesenangan, memenuhi hasrat bergerak, memelihara kesehatan tubuh dan untuk mencapai prestasi.
Teknik-teknik dasar dalam tenis lapangan, diantaranya cara memegang raket, posisi sikap siap, servis, pukulan forehand, dan pukulan backhand. Tetapi dalam makalah kami hanya akan menjelaskan tentang pukulan forehand.

B.     Cara Bermain
1.      Posisi Badan
Selain mengetahui cara memegang raket,  hal pertama yang perlu diketahui siswa dalam pembelajaran tenis lapangan adalah penempatan kaki dan penguasaan berat badan. Keberhasilan seorang pemain dalam mempersiapkan diri untuk melakukan pukulan dengan baik dan tepat tergantung dari ketepatan kaki yang benar dengan keseimbangan yang sempurna.
Cara melakukan penempatan kaki dan penguasaan berat badan adalah sebagai berikut:
1.      Untuk menuju ke bola yang agak jauh ke samping atau ke depan dari badan, baik ke arah forehand maupun backhand pergunakan langkah silang.
2.      Jika bola datang ke sebelah kanan, melangkahlah dengan kaki kiri, sebaliknya jika bola datang ke sebelah kiri, melangkahlah ke dengan kaki kanan.
3.      Sebaliknya bila bola datang menuju ke arah badan, maka langkahkan kaki kanan mundur ke belakang untuk melaksanakan pukulan forehand.


2.      Pukulan forehand
Dalam permainan tenis lapangan pukulan ini sangat dominan atau bisa di katakan pukulan yang sering keluar dalam permainan tenis.

Ada 5 tahap dalam melakukan pukulan forehand.
1.      Gerakan dimulai dari pergerakan badan menuju arah bola dan kita telah menentukan tepatnya zona bola akan dipukul. Zona yang baik untuk memukul tenis adalah pada daerah di depan badan anda, di daerah sekitar bawah perut.
2.      Kemudian raket anda ayunkan ke belakang bersamaan dengan rotasi bahu tangan anda yang tidak memegang raket ke depan. Kaki kiri maju ke depan dan badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net untuk melakukan closed stance.
3.      Ketika bola telah masuk pada zona pukulan yang anda kehendaki, raket anda ayunkan ke depan menuju titik kontak antara bola dengan raket .
4.      Raket kontak dengan bola tenis dan usahakan bola harus berada pada sweetspot dari raket untuk kesempurnaan dari pukulan tersebut.
5.      Setelah terjadi kontak maka kita melakukan followthrough dengan cara raket tetap diayunkan hingga melintasi badan kita ke arah kira-kira jam 11.
Jadi untuk pemain pemula saya sarankan mempelajari pukulan forehand dengan gerakan yang sederhana terlebih dahulu dengan ayunan yang klasik dan memakai grip continental atau eastern. Apabila anda telah dapat menguasai pukulan ini dengan baik dan dapat memukul bola melewati net dengan konsisten.

Program Latihan yang baik sebagai latihan dasar pukulan forehand adalah :
1.      Melakukan gerakan pukulan forehand secara berulang ulang tanpa menggunakan bola.
2.      Melakukan pukulan forehand disertai lari dengan jarak 1,5 meter tanpa menggunakan bola.
3.      Melakukan pukulan forehand sendiri dengan cara memantulkan bola di depan kita dan kita melakukan pukulan forehand sesuai dengan petujuk tadi.
4.      Melakukan latihan memukul forehand menggunakan bola dengan membutuhkan bantuan orang lain sebagai pengumpan.Dengan teknis sebagai berikut:
a.       Jarak antara pemukul dan pengumpan 3-4 meter yang saling berhadapan.
b.      Pemukul harus dalam posisi siap.
c.       Pengumpan memberikan bola kepada pemukul dengan tepat (tingkat kesulitan rendah).
d.      Pemukul melakukan pukulan forehand dengan benar sesuai dengan saat melakukan  pukulan forehand tanpa bola dan dilakukan secara pelan-pelan dan berulang-ulang.
e.       Setelah pemukul melakukam pukulan forehand dengan benar tingkat kesultan ditambah dengan cara pengumpan memberikan bola sedikit jauh dari posisi siap pemukul sehingga pemukul akan berlari mengejar bola terlebih dahulu.
f.       Melakukan latihan pukulan forehand dengan bantuan sesorang untuk menjadi seorang pengumpan dengan voli.
g.      Tambah variasi pukulan dengan penempatan bola – bola yang sulit.
 
BAB III
PENUTUP

Dalam permaianan tenis lapangan, Pukulan forehand sangat dominan. Dan ada beberapa tips atau cara untuk melatih pukulan forehand khususnya bagi petenis pemula.dengan melaksakan cara yang berurutan dan berkelanjutan besar kemungkinan petenis pemula akan lebih cepat dan benar dalm melakukan tenis lapangan.Latihan fprehand harus di mulai dari hal – hal yang ringan terlebih dahulu agar petenis pemula dapat benar – benar  menguasai pukulan forehand itu sendiri.
Selain mengetahui cara memegang raket,  hal pertama yang perlu diketahui siswa dalam pembelajaran tenis lapangan adalah penempatan kaki dan penguasaan berat badan. Keberhasilan seorang pemain dalam mempersiapkan diri untuk melakukan pukulan dengan baik dan tepat tergantung dari ketepatan kaki yang benar dengan keseimbangan yang sempurna.
Cara melakukan penempatan kaki dan penguasaan berat badan adalah sebagai berikut:
1.      Untuk menuju ke bola yang agak jauh ke samping atau ke depan dari badan, baik ke arah forehand maupun backhand pergunakan langkah silang.
2.      Jika bola datang ke sebelah kanan, melangkahlah dengan kaki kiri, sebaliknya jika bola datang ke sebelah kiri, melangkahlah ke dengan kaki kanan.
3.      Sebaliknya bila bola datang menuju ke arah badan, maka langkahkan kaki kanan mundur ke belakang untuk melaksanakan pukulan forehand.

DAFTAR PUSTAKA

Gautchi,marcel.1999.Efektivitas tenis.Jakarta,Dahara Prize
gung, Pindi (2007). Tenis Lapangan http://www.blogger.com/feeds/ 1200123698102630766/posts/default.Teknologi Pembelajaran Penjas. Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 21.32

Anonim. (2007). Persatuan Tennis Lapangan Seluruh Indonesia (PELTI). http://www.koni.or.id/index.php/section/koni/chapter/national_sports_federations/federation/Persatuan_Tennis_Lapangan_Seluruh_Indonesia_PELTI/id/9 Persatuan Tennis Lapangan Seluruh Indonesia (PELTI). Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 21.10

Karya, Mundaru (2006). Olahraga Alternatif Badminton dan Tenis. http://www .suaramerdeka.com/harian/0603/29/ora15.htm. Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 21.15

Saputra, Dendy. (2007). Atlet Yang Layu Saat Mekar http://translampung.com/balam -town-square/449-berlian—pembinaan-atlet-diintensifkan.htmlhttp://id.wikip edia.org/wiki/Pembicaraan:Den dy_Saputra. Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 22.40

Senja.(2009). kuliah tennis lapangan.http://kuntyesetya.blogspot.com /2009/01/tenis-lapangan.html. Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 21.12

Wales, Jimmy. (2009:1). Tennis. http://id.wikipedia.org/wiki/Tenis HYPERLINK "javascript:goToDonationPage()".Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 21.05

Wikipedia. (2009).Federasi Tenis Internasional. http://id.wikipedia.org/wiki/Fede ra si_Tenis_Internasional. Waktu akses: Rabu, 23 Desember 2009; 21.52

1 komentar:

raiderdedi mengatakan...

tenis sangat bagi kesehatan,walaupun harga raketnya mahal tetapi banyak memberikan manfaat bagi kita?

Poskan Komentar

Komentar yea :

SMS Gratis

Cara Buat Widget Ini