Rabu, 18 Mei 2011

PENGANTAR SISTEM INFORMASI





BAB 1 

PENGANTAR SISTEM INFORMASI 
Komputer telah digunakan untuk aplikasi bisnis sejak pertengahan tahun 1950-an. Sejak saat itu perangkat keras maupun lunak mendapat kemajuan yang dramatis. Komputer pertama kali dipasarkan pada tahun 1951 yaitu UNIVAC 1, kemudian di General Electric (GE) Tahun 1954, system /360 pada tahun 1960-an. Kemudian personal komputer (PC) pada tahun 1980-an. Setelah IBM memperkenalkan komputer mikronya, kecepatan prosesor mengalami peningkatan, istilah hukumMoore (Moore Law) dari Gordon More muncul pada tahun 1960-an, yang menyatakan kerapatan penyimpanan sirkuit terintegrasi dari sebuah chip slikon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Dan pada tahun 1970-an, tingkat pelipatannya menjadi 18 Bulan.
Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya, prosesor yang dikendalikan oleh sebuah sistem informasi seperti Window XP, mengelola input dan output, alat penyimpanan data dan operasi atas data. Central Processing Unit (CPU) mengendalikan seluruh komponen lain. Random Access Memory (RAM) bertindak sebagai tempat kerja sementara bagi CPU. CD-ROM, USB Fuls Driver dan Hard Disk (Hard Driver) adalah alat penyimpanan data yang berbeda dengan RAM. Mereka menawarkan penyimpanan data secara permanen.
Komunikasi data, baik awal maupun akhir suatu komunikasi mebutuhkan suatu sambungan  kesebuah modem. Yaitu alat pernagkat keras yang memodulasi sinyal digital dari sebua komputer baik itu mati maupun hidup. Sistem Fisik (Physial System) perusahaan terdiri atas sumber daya berwujud bahan baku, karyawan, mesin dan uang. Sedangkan sistem virtual terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik. Sistem fisik sebuh perusahaan adalah suatu sistem terbuka (Open Sistem) yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran sumber daya fisik, suatu sistem informasi juga merupakan sistem terbuka.
Sebelum komputer ada, sistem virtual perusahaan adalah kombinasi dari proses manual. Mesin-mesin pembukuan yang digerakkan oleh kunci, dan sistem kartu berlubang (Punch-card system).yang memproses data perusahaan. Sistem pra komputer memproses penggajian, persediaan, dan data penagihan serta transaksi buku besar. Proses inilah yang menajdi aplikasi komputer yang pertama.sistem berbasis komputer yang pertama di sebut electronic data processing system (EDP).
Kita mendefinisikan sistem informasi menejemen (SIM) sebagai suatu sistem berbasis komputer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa. SIM menjalarkan perusahaan atau salah satu sisitem utamanya di lihat dari apa yang telah terjadi dimasa lalu, apa yang terjadi sekarang dan kemungkinan yang terjadi dimasa depan. SIM menghasilkan informasi ini melalui 2 jenis peranti lunak yaitu :
Ø  Peranti lunak pembuat laporan (Report Writing Software) yang menghasilkan laporan berkala maupun laporan khusus  (ad hoc).
Ø  Model Matematis menghasilkan informasi sebagai hasil simulasi atas operasi perusahaan.
Simulasi atas operasi perusahaan
Output informasi yang di hasilkan akan digunakan oleh pihak-pihak yang akan memecahkan masalah (baik itu manager maupun kalangan profesional). Dalam mengambil keputusan guna memecahkan masalah perusahaan.
 Ketika IBM memperkenalkan sebuah mesin tik elektronik yang memiliki kemampuan mengenali pita magnetik. Mesin tersebut dapat menyimpan dan mengeluarkan materi pada saat di butuhkan. Inilah awal dari otomutisari kantor. Yaitu penggunaan elektronik untuk memfasilitasi komunikasi, aplikasi tambahan lainnya meliputi surat elektronik (e-mail), Surat suara (Voice mail) kalender elektronik, konferensi video, transmisi faksimili (FAX) dll.
Didalam sebuah peruasahaan, SIM membantu para manager dalam menjalankan fungsinya yaitu :
1.      Mencanankan apa yang akan memreka lakukan
2.      Berorganisasi utntuk menjalankan rencana
3.      Mengisi organisasi dengan sumber daya yang dibutuhkan
4.      Mengarahkan sumber daya tersebut untuk melaksanakan rencana
5.      Mengendalikan sumber daya dan menjaga mereka tetap pada jalurnya.
Informasi juga berperan dalam pemecahan masalah, empat tahapan dasar pemecahan masalah yang telah di akui secara universal yang di kemukakan ole Simon yaitu :
1.      Aktifitas intelijen, mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi didalam lingkungan.
2.      Aktifitas perancangan, menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan.
3.      Aktifitas pemilihan, memilih satu tindakan tertentu dari berbagi tindakan yang tersedia.
4.      Aktifitas peninjauan, menilai pilihan-pilihan masa lalu.
Komputer dan komunikasi juga sedang mengalami penggabungan, telefon genggam kini memiliki browser, email, dan kemampuan foto serta fitur-fitur penyuntingan. Canesta Inc, telah mengembangak sebuah keyboard yang di buat hanya oleh cahaya yang merupakan gambar dari sebuah keyborad yang dapat di proyeksikan ke semua permukaan yang datar.

BAB II
SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF
Perusahaan adalah sebuah sistem fisik yang di kelolan melalui penggunaan sebuah sistem virtual. Sistem fisik perusahaan merupakan suatu sistem buka, dimana dia berhadapan dengan lingkungannya. Aliran sumber fisik berada di bagian bawah, dan aliran sumber daya virtual berada dibagian atas. Sumber daya fisik perusahaan meliputi pegawai, bahan baku, mesin dan uang. Aliran sumber daya virtual meliputi :
1.      Standar kinerja yang harus di penuhi oleh perusahaan jika ia ingin mencapai tujuannya secara keseluruhan.
2.      Managemen perusahaan
3.      Proses informasi yang mengubah data menajdi informasi.
Aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada pelanggan di sebut rantai pasokan (Suplay Chain) rantai pasokan terdiri atas aktifitas-aktifitas sbb. :
1.      Meramalkan permintaan pelanggan
2.      Membuat jadwal produksi
3.      Menyiapkan jaaringan produksi
4.      Memesan persediaan pengganti dari para pemasok
5.      Menerima persediaan dari pemasok
6.      Mengelola persediaan bahan mentah barang dalam proses, dan barang jadi
7.      Melakukan produksi
8.      Melakuakn transportasi sumber daya kepada pelanggan
9.      Melacak aliran sumber daya dari pemasok, di dalam perusahaan dan kepada pelanggan.
Dengan perusahaan memenuhi kebutuhan produk dan jasa para pelanggannya, maka perusahaan tersebut akan berusaha mendapatkan keunggulan produk dan jasa dibandingkan pasangannya. Mereka mencapai keunggulan ini dengan memberikan produk dengan harga lebih rendah, memberikan produk dan jasa  dengan kualitas yang tinggi dan memenuhi kebutuhan segmen pasar tertentu.
Keunggulan kompetitif di realisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktir maupun operasional pada tingkat managerial teringg, tingkat perencanaan startegis, sistem informasi, dapat digunakan untuk mengubah sebauah perusahaan dalam mendapatkan keunggulan strategisnya. Keunggulan Strategis (Strategic Aduantage) adalah keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan.
Ketika perusahaan mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari pada pesaingnya maka perusahaan tersebut mendapatkan keunggulan taktis (Taktical Aduantage) selain itu terdapat keunggulan operasional yaitu keunggulan yang berkaitan dengan transaksi dan proses sehari-hari.
Koordinasi adalah kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif didalam pasar global, peusahaan yang tidak mampu mendapatkan kendali strategi atas operasinya di seluruh dunia dan mengelolanya dengan cara yang terkoordinasi secara global, tidak dapat meraih kesuksesan dalam perekonomian internasional.
Sumber daya informasi sebuah perusahaan terdiri atas :
1.      Peranti keras komputer
2.      Peranti lunak komputer
3.      Spesialis informasi
4.      Pengguna
5.      Fasilitas
6.      Database
7.      Informasi
Ketika pengembangan sistem (pengguna maupun spesialis informasi) mendefinisikan out put yang di berikan oleh prosesor informasi mereka akan mempertimbangakan empat dimensi dasar informasi keempat dimensi yang di inginkan ini akan dapat menambah nilai dari informasi tsb.
Keempat dimensi itu ialah :
1.      Relevansi
2.      Akurasi
3.      Ketepatan waktu
4.      Kelengkapan
Teknologi informasi berubah sangat cepat, konsekuensi dari hal ini adalah bahwa yahng telah di kumpulkan oleh sistem terdahulu mungkin tidak sesuai dengan teknologi ini sistem warisan merupakan suatu hal yang penting karena memberikan data historis yang penting karena menjadi dasar dari proyeksi tren. Terkadang sistem warisan tidak memebrikan data dalam format digital. Jika data warisan tersedia dalam bentuk cetakan maka data tersebut dapat dipindai dan disimpan sebagai gambar digital. Gambar juga merupakan hal yang penting untuk situs web.
Chief information Officer ( Chief Technology Officer) memainkan peran penting dalam perncanaan strategis suatu usaha, area bisnis dan sumber daya informasi (Startegic Planning For information Ressources) mengidentifikasikan tujuan yang akan dicapai sistem informasi dimana depan dan sumber data informasi yang akan dibutuhkan. Kunci dari strategic planning for information ressources (SPIR) adalah mengembangkan rencana strategis bagi perusahaan dan bagi sumber daya informasi pada waktu yang bersamaan.

BAB III
MENGGUNAKAN TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
(E – Commerce)
Perdagangan Elektronik (E-Commerce) adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis, padangan populer dari E-Commerce ialah penggunaan internet dan browser web untuk membeli dan menjual produk. Perusahaan melakukan E-Commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan.
Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama.
1.      Perbaikan layanan Pelanggan sebelum dan setelah penjualan
2.      Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
3.      Peningkatan imbal hasil ekonomi atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Ada beberapa kendala yang dialami perusahaan E-Commerce yaitu :
1.      Biaya yang tinggi
2.      Kekhawatiran dalam masalah keamanan
3.      Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Melaksanakan E-Commerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpaterlebih dahulu meraih pengetahuan tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing, pemasok dan pihak-pihak eksternal lainnya. Inteligensi bisnis adalah aktifitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur dalam lingkungan yang berinteraksi dengan lingkungan. Konsumen yang tertarik dengan E-Commerce sering kali memuali transaksi mereka dengan mengguanakan mesin pencari (Search Enggine) untuk menemukan calon vendor. Mesin pencari adalah suatu program komputer khusu yang menanyakan suatu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Contoh dari situs-situs mesin pencari ialah Yahoo ! (www.yahoo.com), excite (www.excite.com), Google (www.google.com), dan lain-lain.
Langkah-langka menuju E-Commerce adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana perdagangan akan dilaksanakan. Sebagian besar dikumpulkan dengan cara-cara non komputer. Seperti survei, pengamatan, percakapan informat, laporankipangan, surat kabar dan artikel-artikel makalah perdagangan, masalah dalam menentukan e-commerce yang memiliki beberapa kemungkinan solusi, namun strategi yang sering di gunakan yaitu interorganizational System (IOS) atau sering di sebut elektronik data interchance (EDI).
Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (Bargaining Power). Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar :
1.      Fitur-fitur produk yang unik
2.      Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian
3.      Meningkatkan biaya perpindahan.
Cara lain untuk suatu IOS adalah ekstranet (Extranets). Cara ini memungkinkan terbaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Ekstranet menggunakan internet untuk komunikasi dari browser standar web untuk navigsi situs dan bertukar data. Perusahaan yang menerapkan IOS dapat melakukannya dengan cara proaktif dan reaktif. Menerima atau menolak penawaran spensor untuk menerapkan IOS.
Ada dua macam penjualan yang di tawarkan perusahaan yaitu penjualan maya dimana penjualan ini dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoprasikan tempat berjualan fisik, dan penjualan campuran. Dimana penjualan dengan cara ini terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs web dimana pelanggan dapat membeli produk. Kesulitan dalam penjualan maya yaitu : perusahaan harus memberikan formasi produk yang di butuhkan pedagang tanpa membingungkan pelanggan tersebut.
Para pengguna internet adalah suatu kelompok yang beragam, banyak masih berusia lebih tua (Lebih banyak penghasilan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi E-Commerce. Bahkan ketika uang tidak langsung dibelanjakan secara online, konsumen sering kali  menggunakan web untuk melakuakan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko.
E-Commerce sedang mengalami perkembangan baik itu di Amrika serikat maupun di seluruh dunia. Amerika Serikat telah melihat tingkat pertumbuhan tahunan E-Commerce yang substansial sebesar 15 persen selama lima tahun terakhir.
Pertanyaan yang masih harus di jawab adalah dampak yang akan di berikan oleh juara telepon 3G kepada E-Commerce B2C. Amerika telah lambat mengambil keuntungan dari jasa ini, tidak seperti eropa dan jepang yang telah lebih dulu maju dengan aplikasi-palikasi bisnis yang inofativ. Jasa seluler 3G memungkinkan komputasi berkelas bisnis dilaksanakan dimanapun dikebanyakan wilayah metropolitan. Bahkan telpon 4G yang lebih cepat telah di uji di cina dan jepang.
Jepang mengambil posisi pimpinan dalam penggunaan telepon seluler untuk transaksi-transaksi keuangan. Dan seiring denga amerika yang telah mengejar ketertinggalannya dalam penggunaan jasa seluler 3G yang lebih luas seperti Jasa Seluler “Broadband” verzion.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yea :

SMS Gratis

Cara Buat Widget Ini