Minggu, 17 April 2011

Prkatek Kerja Lapangan (Pendhuluan)


BAB I
 PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek kerja Lapangan merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa D-3 Jurusan Perhotelan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata YAPARI-AKTRIPA Bandung. Selain untuk memenuhi kewajiban Akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia industri dengan dunia pendidikan serta dapat menambah pengetahuan tentang dunia industri sehingga mahasiswa akan mampu mengatasi persaingan di dunia kerja.
Dan mengingat mutu pendidikan telah menjadi sorotan di mata dunia pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu membuat dunia menjadi lebih maju dan menjadikannya kehidupan yang lebih baik. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kegiatan mahasiswa dimasyarakat diperlukan adanya suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mendidik mahasiswa, diantaranya kegiatan yang sangat membangun mahasiswa diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL), Praktek Kerja Lapangan merupakan suatu kegiatan kerja mahasiswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu.
Praktek Kerja Lapangan STIEPAR YAPARI-AKTRIPA juga didasarkan pada :
a.       Pedoman Pendidikan STIEPAR YAPARI-AKTRIPA.
b.      Penyelenggaraan program Praktek Kerja Lapangan Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat.
c.       Ketentuan-ketentuan lain.
                  Selain itu, Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan dapat membantu mahasiswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Mahasiswa akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan permasalahan di lapangan sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.
Dengan adanya hubungan kerja sama dari pihak Hotel Parkroyal Kuala Lumpur Malaysia selaku penyedia sarana dan prasarana, yang telah mengijinkan atau memperbolehkan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di Hotel Parkroyal Kuala Lumpur Malaysia. Yaitu pada departemen Housekeeping dan Food and Beverage Service, agar mahasiswa dapat berkiprah, mempraktekan dan mendapat ilmu dari Hotel Parkroyal khususnya bidang Housekeeping dan Service yang dapat diterapkan di dunia kerja maupun  di masyarakat. Kegiatan yang sangat positif ini bertujuan untuk melatih serta mendidik mahasiswa sehingga terciptanya seorang insan yang unggul dan maju dengan ilmu yang dimiliki sekaligus mempelajari hal-hal lainnya yang didapatkan melalui pengalaman selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, melalui kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja yang nyata, selain itu mahasiswa adalah generasi dalam pembangunan suatu negara.

1.2.      Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek Kerja Lapangan bertujuan untuk :
1.      Sebagai salah satu syarat akademik yang ditentukan sekolah sebagai syarat kelengkapan menyelasikan pelaksanaan Praktek Kerja Nyata di STIEPAR YAPARI-AKTRIPA Bandung.
  1. Menambah/memberikan keterampilan kepada mahasiswa selama Praktek Kerja
  2. Menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja dan hubungannya dengan dunia Pendidikan/Akademik sehingga nantinya dapat bermanfaat ketika mahasiswa tersebut memasuki dunia kerja.
  3. Untuk mengetahui sampai sejauh mana kompetensi kami di dunia kerja nyata
  4. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui dan memahami segala aktivitas operasional pada Hotel Parkroyal Kuala Lumpur  khususnya bagian Housekeeping dan Food & Beverage Service.

1.3.  Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.      Manfaat Bagi Mahasiswa :
a.       Dengan mengikuti Praktek Kerja Lapangan, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Hard skill, dan Soft skill nya.
b.      Mampu melihat hubungan antara dunia kerja dan dunia pendidikan.
c.       Mampu menggunakan pengalaman kerjanya untuk mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan setelah menyelesaikan kuliahnya.
d.      Serta menggunakan waktu Praktek Kerja Lapangan untuk memperoleh penghasilan sebagai kompensasi dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
e.       Dan juga sebagai pengalaman kerja awal buat mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata dan wadah untuk menjalin kerjasama yang baik antara lembaga pendidikan dengan pihak instansi yang terkait.
2.      Manfaat Bagi Perguruan Tinggi :
a.       Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, Perguruan Tinggi mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan perusahaan/instansi.
b.      Mampu mengembangkan program kemitraan lainnya, seperti pertukaran pakar.
c.       Mampu merelevansikan kurikulum mata kuliah dengan kebutuhan dunia kerja.
3.      Manfaat bagi perusahaan/instansi :
a.       Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan perguruan tinggi.
b.      Mampu melihat kemampuan potensial yang dimiliki mahasiswa peserta Praktek Kerja Lapangan, sehingga akan lebih mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
c.       Dan sebagai wadah penyerapan karyawan atau tenaga kerja.


1.4.   Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Waktu pelakasanaan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan penulis, yaitu dari tanggal 31 Juli 2008 sampai dengan 31 Januari 2009, bertempat di Hotel Parkroyal Kuala Lumpur Malaysia.


























0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yea :

SMS Gratis

Cara Buat Widget Ini